10 KESALAHAN TERBESAR DALAM SESI LATIHAN YANG KERAP DILAKUKAN PARA PRIA & TIPS DARI PARA PAKAR HANDAL

Face it guys, meskipun anda sebagai pria lebih mudah untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dibandingkan wanita namun ternyata masih ada beberapa kesalahan umum yang kerap anda lakukan di gym. Sebagai bagian dari Men’s Guide untuk program penurunan berat badan, saya akan berbicara dengan para pakar ahli tentang kesalahan latihan yang umumnya sering dilakukan para pria dan dapat menghentikan niat mereka untuk menurunkan berat badan.

Dan inilah 10 kesalahan terbesar dalam sesi latihan yang kerap dilakukan para pria, diantaranya adalah :

1. Latihan terlalu berat dan terlalu cepat

Salah satu kesalahan yang paling umum dalam tantangan menurunkan berat badan yang kerap dihadapi para pria adalah memberikan tekanan yang sangat kuat. “Semua pria ingin terlihat macho sehingga hal tersebut memaksa mereka untuk melakukan olahraga yang ekstrem seperti memulai latihan dengan berat dan mengangkat beban terlalu berat.

Hal ini akan menyebabkan tubuh rentan cidera bahkan terluka”, kata pakar penurunan berat badan Tom Venuto. Dia merekomendasikan para pemula agar dapat menjaga konsistensi dan peningkatan yang stabil untuk mendapatkan hasil jangka panjang.

2. Mendengarkan nasihat yang salah

Pelatih kelas dunia, Jason Corrie merekomendasikan bahwa setiap orang yang menginginkan hasil yang nyata maka mereka mau tidak mau harus bekerja secara profesional. Dia juga mengatakan bahwa jika setiap pria sering mendengarkan nasihat yang salah dari teman ataupun kolega, maka hal tersebut tidak akan memberikan mereka hasil yang baik.

3. Mengandalkan latihan kardio

Banyak orang yang berpikir jika ingin langsing dengan cepat, maka mereka akan mengandalkan latihan kardio untuk membakar lemak sehingga berat badan dapat turun secara signifikan. Tetapi jika mereka mengabaikan latihan angkat beban maka mereka telah membuat suatu kesalahan besar.

“Membangun otot dapat membuat anda menjadi mesin pembakar lemak”, kata Jason. Sang pakar, Tony Schober juga setuju dengan pernyataan tersebut karena dia juga melihat banyak pria yang terlalu mengandalkan latihan kardio. “Simpan latihan kardio ketika anda membutuhkannya. Jika anda memulai dengan 4-5 sesi kardio di awal maka anda tidak akan memiliki ruang untuk menambahkan kardio saat anda ingin menurunkan berat badan”.

4. Mengangkat beban terlalu berlebihan

Latihan beban adalah hal yang baik tetapi jika dilakukan terlalu berlebihan maka akan menjadi suatu kesalahan. Pelatih New York City, Matt Griffin melihat jika orang-orang di gym selalu mengangkat beban terlalu berlebihan. Dia mengatakan jika istilah ‘lebih berat lebih baik’ merupakan mitos belaka. “Mengangkat beban dengan cara yang benar akan jauh lebih efisien untuk mendapatkan hasil yang diinginkan”.

5. Melewatkan pengkajian fungsional

Umumnya, seorang pelatih yang handal akan melakukan pengkajian fungsional dan kemudian memberikan program latihan fungsional kepada para atletnya. Hal ini memungkinkan anda untuk mengidentifikasi area-area lemah atau terbatas dalam rentang gerak yang dapat mempengaruhi kinerja anda di gym sekaligus mencegah anda kehilangan berat badan secara signifikan.

6. Tidak melakukan sesi latihan campuran

Apakah anda hanya melatih satu kelompok otot dalam satu waktu? “Jangan sesekali anda melakukan hal tersebut”, kata Jason. Dia merekomendasikan untuk anda agar melakukan latihan campuran yang memerlukan kelompok otot untuk saling bekerja sama guna membangun kekuatan.

Latihan campuran terbukti lebih efisien dan melatih tubuh agar dapat bergerak lebih efektif”. Tony pun setuju”. “Latihan-latihan dasar seperti bench press, squat, deadlifts merupakan makanan pokok yang harus dimasukkan dalam program latihan anda sehari-hari.

7. Mengabaikan kandungan gizi

“Saya sudah lihat begitu banyak orang yang kerap mencari dan melakukan volume latihan yang tinggi untuk menurunkan berat badan”, kata Venuto. Dia mengatakan bahwa latihan dan nutrisi harus berjalan beriringan. Kedua elemen tersebut sangat dibutuhkan untuk mendapatkan keberhasilan dalam menurunkan berat badan serta mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

8. Terlalu mengandalkan suplemen

Pil dan bubuk protein sangat populer di kalangan para binaragawan namun hal tersebut belum tentu merupakan jalan tercepat untuk menurunkan berat badan. “Pil dan bubuk protein mempunyai faedahnya masing-masing, tetapi jika anda mencoba untuk mendapatkan tubuh yang ramping maka saya ingin melihat anda sendiri mengkonsumsi makanan padat gizi sebanyak mungkin.

Disini anda tidak hanya mendapatkan makanan yang mengandung padat gizi saja, tetapi mereka juga dapat memberikan tubuh anda berbagai nutrisi yang lebih baik dan kandungannya sangat penting, terutama kalori”, kata Tony. Sang pemain stuntman Hollywood, Bobby Holland Hanton sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Salah satu tips dietnya untuk para pria adalah mengkonsumsi makanan secara nyata, bukan serta-merta mengandalkan suplemen ataupun bubuk.

9. Terlalu banyak menghabikan waktu di “zona detak jantung”

Aktivitas aerobik moderat baik untuk kesehatan jantung tetapi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan secara nyata harus bekerja di berbagai tingkat intensitas, termasuk intensitas tingkat tinggi. Jason mengatakan bahwa orang-orang sering menghabiskan terlalu banyak waktu di “zona detak jantung” seperti terlalu mengandalkan peralatan kardio mereka.

10. Menekankan kuantitas diatas kualitas

Jika anda hanya menempatkan waktu tertentu dalam gym, maka hal tersebut tidak akan menjamin anda untuk mendapatkan penurunan berat badan. Waktu yang anda habiskan didalam berolahraga haruslah merupakan waktu yang berkualitas.

“Faktor yang menjamin hasil terbaik adalah dengan menggunakan waktu anda secara efisien dan itu berarti mencakup tiga hal”, kata Tom Venuto dan ia juga menambahkan, “Latihan cerdas (program yang telah dirancang dengan baik), berlatih keras atau yang bisa kita sebut dengan intensitas dan pelatihan secara progresif dimana anda mendorong tubuh anda keluar dari zona nyaman”.

Anda ingin tahu lebih dekat tentang siapa saja para pakar handal yang memberikan pernyataan diatas ini? Berikut ini adalah daftar para pakar-pakar tersebut, diantaranya adalah :

– Jason Corrie telah berlatih di tingkat senior selama lebih dari 9 tahun di beberapa tempat gym bergengsi seperti London dan New York City. Pada tahun 2011, ia dipilih oleh Virgin Active di London untuk bergabung ke kategori tingkat elit tertinggi yaitu “World Class Personal Trainer”.

– Matt Griffin adalah seorang mantan penari dan akrobat udara yang pernah tampil di acara Cirque du Soleil dan sejumlah perusahaan internasional lainnya. Kini dirinya bekerja sebagai pelatih pribadi di New York City dengan menggabungkan pengalaman pelatihan yang unik ke dalam rencana latihan kliennya.

– Tony Schober adalah seorang pelatih pribadi bersertifikat dan merupakan pendiri dari Coach Calorie yang didirikan pada tahun 2011 sebagai cara untuk membagikan tips semangat kebugaran.

– Pete Thomas adalah NBC tersukses di acara “Biggest Loser”. Dia tampil dalam Season 2 di acara The Biggest Loser dan sekaligus merupakan penulis buku yang berjudul “Lose It Fast, Lose It Forever”. Dia adalah motivator, guru, juru bicara, penulis, pelatih dan atlet kesehatan.

– Tom Venuto adalah seorang pakar lemak tubuh, pelatih transformasi dan penulis buku yang berjudul Burn the Fat, Feed the Muscle.

Tom memegang gelar dalam ilmu olahraga dan telah bekerja di industri kebugaran sejak tahun 1989, termasuk menjadi pelatih pribadi selama 14 tahun. Dia mendorong para kliennya untuk melakukan olahraga secara alami, strategi yang sehat untuk membakar lemak dan membangun otot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *